Jumat, 20 Juli 2012

Macam - Macam Angin


Materi kali ini fafa ambil dari IPS Geografi kelas VII penerbitnya erlangga
Macam – macam Angin :
1.      Angn Darat
Adalah angin yang bertiup dari darat ke laut dan terjadi pada malam hari . Angin darat dapat terjadi karena pada malam hari daratan lebih cepat dingin ( bertekanan udara maksimum ) , sedangkan laut masih menyimpan panas dan penyinaran matahari pada siang harinya ( bertekanan udara minimum )
2.       Angin Laut
Adalah angin yang bertiup dari laut ke darat dan terjadi pada siang hari . Angin laut dapat terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat
panas karena pemantulan sinar matahari kembali ( bertekanan udara minimum ) , sedangkan lautan masih bertemperatur dingin karena karena sinar matahari yang diteerima laut disimpan ( bertekanan udara maksimum )
3.      Angin Gunung
Adalah udara yang bergerak dari gunung ke lembah dan terjadi pada malam hari . Hal ini dapat terjadi karena tekanan udara di atas lereng gunung pada malam hari lebih tinggi ( dingin ) daripada tekanan udara di lembah .
4.      Angin Lembah
Adalah udara yang bergerak dari lembah ke puncak dan terjadi pada siang hari . Hal ini dapat terjadi karena tekanan udara di atas lereng gunung pada siang hari lebih tinggi ( panas ) daripada tekanan udara di lembah
5.      Angin Siklon
Adalah udara yang bergerk dari beberapa daerah bertekanan udara tinggi menuju ke titik pusat tekanan udara rendah . Gerakkan udara ini terlihat berputar dari beberapa daerah bertekanan udara tinggi yang mengelilingi daerah bertekanan udara rendah .
6.      Angin Fohn
Adalah angin yang turun dari lereng pegunungan . Angin tersebut bersifat kering dan panas . Hal ini dapat terjadi karena udara yang turun mendapatkan pemanasan secara dinamis .

0 komentar:

Posting Komentar


Cute Pink Kaoani

.





.
.
.